Odoo out-of-box vs Odoo Customization

  • admin1 |
  • Odoo |
  • April 22, 2020 |

Sejak awal, Odoo disukai karena modularitas dan skalabilitasnya. Dengan begitu banyaknya manfaat bisnis pada Odoo, selalu ada ketidakpastian dan kebingungan saat akan mengimplementasikan Odoo, apakah akan menggunakan Odoo out-of-the-box atau Odoo kustom. Orang-orang sering menjadi bingung dan salah arah dengan kemungkinan penyesuaian Odoo dan menggunakannya. Pilihan anda untuk menggunakan Odoo sebagai out-of-box solution atau menggunakan Odoo customization pada akhirnya terletak pada proses bisnis anda. Jenis proses bisnis apa yang anda miliki dan sejauh mana sistem dapat menanganinya secara efisien bisa memberi jawaban atas kebingungan yang disebutkan tadi.

Jika proses bisnis anda berjalan tidak berbeda dengan model industri pada umumnya, katakanlah restoran atau toko, menggunakan Odoo dapat menjadi kombinasi terbaik untuk bisnis anda. Keputusan ini datang tidak hanya user-friendly, tetapi juga membuatnya kaya dengan proses bisnis standar. Tulisan ini membantu anda memahami manfaat menggunakan Odoo out-of-box dan juga Odoo custom-built.

Memilih Odoo out-of-box

Jika kebutuhan Anda seperti pada umumnya, cukup standar, Odoo out-of-box jawabannya. Hal ini menjamin proses bisnis standar dengan biaya yang sedikit terjangkau. Berikut adalah keuntungan memilih Odoo out-of-box.

Ramah Biaya
Odoo out-of-box siap digunakan dengan daftar fitur yang cukup untuk alur kerja industri bisnis standar. Karenanya, bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk penyesuaian fungsi bisnis.

Banyak Tersedia
Dengan melihat berbagai studi kasus tentang implementasi Odoo yang serupa, orang dapat dengan cepat menentukan apakah Odoo dapat menjawab kebutuhan industrinya atau tidak. Jika perusahaan anda  mempunyai jenis industri yang umum (seperti kafe atau lokasi ritel), anda tidak akan memiliki masalah saat menjalankan pengaturan Odoo out-of-box.

Kualitas dan dukungan yang terbukti
Software Odoo out-of-box adalah produk yang sudah terbukti dengan pelanggan yang besar secara global. Solusi ini didukung oleh tim support dan jaminan kualitas perusahaan software. Dengan tanpa penyesuaian, bisa dikatakan biasanya tidak ada sentuhan dari pihak ketiga, kualitasnya dijamin 100%.

Deployment Lebih Cepat
Odoo out-of-box pada dasarnya adalah aplikasi siap pakai. Tinggal menginstal aplikasi dan mengonfigurasinya. Seseorang dapat dengan cepat memanfaatkan atau menikmati manfaat Odoo segera setelah implementasi dan konfigurasinya tanpa memerlukan tim teknis yang ahli.

Kelemahan Odoo out-of-box

Kelemahan utama pada Odoo out-of-box adalah kesenjangan fungsionalitasnya. Karena Odoo berfokus pada basis klien yang sangat besar, fungsi Odoo tetap generik/tidak eksklusif. Jika bisnis anda mempraktikkan beberapa proses bisnis yang unik, Odoo out-of-box mungkin tidak cocok untuk memenuhi persyaratan bisnis yang diinginkan.

Kedua, biaya lisensi. Meskipun biaya awal untuk pengaturan Odoo out-of-box mungkin terdengar lebih rendah daripada Odoo customization, biasanya ini memerlukan biaya lisensi tahunan dan biaya tambahan untuk upgrade dan support. Anda mungkin diharuskan membayar biaya lisensi penuh untuk pengguna yang tak terhitung jumlahnya. Pada saat anda menghitung biaya tahunan, anda mungkin mendapati bahwa Odoo out-of-box jauh lebih mahal dari yang anda bayangkan.

Odoo Customization

Odoo customization memberi anda kemungkinan besar untuk menyusun software sesuai spesifikasi bisnis anda. Namun, pilihan untuk melakukan pendekatan penyesuaian hanya boleh dimulai pada saat di mana solusi Odoo out-of-box anda gagal.

Berkonsultasi dan menyelesaikan pekerjaan dari sumber yang dapat diandalkan seperti mitra Odoo dapat menyelamatkan klien dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti aliran finansial, masalah ketidak-cocokan, erosi proses bisnis standar, dll. Jika penyesusaian Odoo dilakukan dengan benar, bisnis anda mendapatkan manfaat seperti berikut.

Peningkatan Produktivitas
Karena aplikasi dibuat untuk prosedur bisnis anda, kustomisasi Odoo dapat secara signifikan meningkatkan proses kerja, meningkatkan akurasi dalam operasi bisnis dan memberdayakan grup anda untuk berkomunikasi secara lebih produktif dengan penjual dan kontraktor.

Perbaikan sesuai kebutuhan
Daripada menunggu rilisan Odoo berikutnya (yang belum tentu memiliki fitur) untuk memenuhi spesifikasi bisnis anda, orang bisa mendapatkan fitur dalam aplikasi anda melalui pendekatan customization. Anda dapat bekerja dengan para ahli untuk mendapatkan apa yang anda butuhkan dalam waktu dekat.

Hemat biaya jangka panjang
Tidak masalah jika anda membayar biaya yang sangat besar di muka. Itu akan seimbang karena anda tidak perlu membayar biaya lisensi seperti module standar Odoo out-of-the-box. Biaya di muka dibayarkan hanya untuk module tambahan khusus untuk aplikasi bisnis anda. Maka dari itu, customization memberi anda solusi jangka panjang sehingga dapat menghemat biaya untuk waktu yang lama.

Pelatihan yang pas
Dengan solusi Odoo kustom, Pelatihan dilakukan secara spesifik dan software akan disesuaikan untuk bisnis anda dan prosesnya. Pelatihan dapat lebih berorientasi pada hasil dan diselesaikan dalam periode waktu yang lebih sedikit.

Daya saing lebih unggul
Dengan kemampuan bisnis yang tidak dimiliki software pesaing anda, kustomisasi Odoo mendorong anda sedikit lebih maju. Ini membantu anda untuk meningkatkan pengalaman pelanggan anda dan memberikan hasil yang lebih banyak, yang tentunya meningkatkan penjualan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

 

Odoo Out-of-Box

Odoo Customization

Functionality

Memenuhi kebutuhan bisnis secara umum

Memenuhi kebutuhan spesifik bisnis

Cost Factor

Lebih Murah

Biaya naik dengan kebutuhan penyesuaian

Implementation

Lebih cepat

Butuh waktu lebih lama

Risk

Kurang

Relatif lebih tinggi

Availability and Support

Tinggi

Kurang

Sejujurnya, tidak ada sistem aplikasi yang dapat dengan sempurna mengatasi masalah bisnis 100%. Oleh karena itu, seseorang dapat memutuskan untuk memodifikasi pendekatan strategis agar sesuai dengan fungsi yang diinginkan.  


Share This Post


Leave a Reply:

0 comments Comments


Be the first to comment